Cara Mudah Mengatasi Screen Brightness Hilang

Cara Mengatasi Screen Brightness Hilang
Mengurangi kecerahan(brightness) pada layar merupakan salah satu cara untuk menghemat baterai pada laptop, yaitu dengan cara melakukan setting Screen Brightness melalui taskbar dibagian pojok kanan bawah. Tetapi apa jadinya jika saat melakukan setting adjust Screen Brightness tiba-tiba menghilang slidernya alias rusak ?
             Baca juga :
     Pengalaman pribadi saat saya kehilangan slider Screen Brightness yaitu pada saat saya sedang mencharge laptop, saat itu saya sedang bermain game, karena laptop sedang dalam keadaan low battery, maka saya colokkan Charge ke laptop saya, setelah battrai laptop kembali penuh, kemudian saya cabut chargenya tetapi tiba-tiba laptop saya menjadi sangat cerah dan saya mencoba untuk meredupkannya dengan cara menggunakan tombol yang ada di keyboard(secara cepat menggunakan tombol yang ada di keyboard karena malas melakukannya secara manual) yaitu dengan cara memencet tombol Fn + arah panah ke atas(tergantung laptopnya, tidak semua laptop menggunakan tombol Fn+arah panah ke atas, bisa jadi menggunakan Fn + arah panah ke kanan dan lain-lain....).  Tetapi kecerahan pada laptop tidak kunjung turun, akhirnya saya terpaksa merestart agar kecerahan pada laptop kembali seperti semula.

     Hal ini sering saya alami, karena saat itu sangat repot harus merestart Laptop dan itu memakan waktu yang cukup lama, kemudian saya bertanya-tanya kepada beberapa teman dan akhirnya saya mendapatkan Cara Mengatasi Screen Brightness Yang Hilang yang kemudian saya bagikan cara tersebut kepada kalian semua, agar tidak lagi harus merestart Laptop/Komputer saat terjadi hilangnya Slider Screen Brightness.

     Mengurangi kecerahan(brightness) pada layar merupakan salah satu cara untuk menghemat baterai pada laptop, yaitu dengan cara melakukan setting Screen Brightness melalui taskbar dibagian pojok kanan bawah. Tetapi apa jadinya jika saat melakukan setting adjust Screen Brightness tiba-tiba menghilang slidernya?
Banyak orang belum mengetahui Cara Mengatasi Screen Brightness Yang Hilang yang penyebabnya adalah driver monitor yang bermasalah, hal yang seperti ini tentu menjadi sesuatu yang menyebalkan jika terjadi secara terus menerus, cara yang paling umum dilakukan ya dengan merestart laptop agar slider screen brightness muncul kembali. Itu sangat merepotkan dan menghabiskan banyak waktu. Tips Cara Mengatasi Screen Brightness Yang Hilang ini saya gunakan pada Windows 7. Untuk versi yg lain semoga bisa menyesuaikannya dengan baik, lagi pula cara ini tidaklah susah. Cara ini sangat sederhana dan sangat mudah, dan Screen Brightness akan muncul kembali.


Adjust Screen Brightness

Disini saya akan membagikan tips Cara Mengatasi Screen Brightness Yang Hilang
pada laptop:


1. Buka device manager pada laptop, caranya  klik kanan icon my computer pada windows explorer lalu pilih properties, kemudian pilih device manager.

 
Properties pada my computer

Device manager

2. Klik tanda plus pada bagian monitor di jendela device manager.

3. Masuk lagi ke dalam tanda plus, biasanya bertuliskan "Generic PNP monitor", lalu klik kanan kemudian pilih uninstall.

Monitor GNP

4. Setelah berhasil di uninstall, klik icon di bagian atas yang  bertuliskan "scan for hardware changes"


5. Cek settingan slider brightness, jika berhasil maka slidernya akan muncul kembali

Bagaimana caranya? Cara Mengatasi Screen Brightness Yang Hilang cukup mudah bukan? 
Sekian tips Cara Mengatasi Screen Brightness Yang Hilang semoga dapat membantu kalian dalam menjalankan rutinitasnya di depan layar, jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan langsung dikolom komentar :) . How to Adjust Your PC's Screen Brightness, Manually and Automatically, Change screen brightness, How do I adjust my brightness or contrast on my laptop?, Set screen brightness, How to Adjust Dell Laptop Screen Brightness
 Thanks.... BANG TEKNO

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »