Cara Mengatasi Blue Screen di Laptop dengan Mudah

Cara Mudah Mengatasi Blue Screen di Laptop
Hi, Bang Tekno View
Kalian sedang mempunyai masalah pada Laptop karena terjadi Blue Screen? jangan bingung karena di artikel ini dijelaskan secara rinci bagaimana Cara Mengatasi Blue Screen pada Laptop dan Komputer Windows 7.


Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini sudah banyak sekali teknologi yang canggih yang bisa membantu pekerjaan manusia. Salah satunya adalah Laptop atau PC, dimana dengan menggunakan teknologi ini akan sangat membantu sekali pekerjaan anda, khususnya yang berkaitan dengan teknologi computer atau dunia digital.
         Baca juga :
Karena, memang banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan sebuah laptop atau PC, jadi sudah tidak mengherankan lagi jika saat ini banyak orang yang memiliki teknologi ini. Tapi perlu diingat setiap barang elektronik tentunya akan mengalami sedikit masalah yang bisa membuat barang ini menjadi tidak berguna seperti salah satunya adalah terkena atau mengalami Blue Screen. Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi Blue Screen pada laptop dan PC Windows 7. Cara ini dapat anda gunakan di segala jenis Windows, baik pada Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan bahkan pada Windows 10. Untuk itu anda perlu menyimak artikel berikut ini dengan baik.

Pengertian Blue Screen
Apa itu Blue Screen? Blue Screen adalah kondisi dimana komputer atau laptop menampilkan layar monitor menjadi warna biru secara penuh. Blue Screen of Death (BSOD) atau yang hanya biasa disebut dengan Blue Screen ini pada mulanya cukup terkenal disaat Bill Gates sebagai pemilik Windows 98 mengalami error pada sistem dan kemudian memunculkan Blue Screen.

Penyebab Blue Screen
Blue Screen bisa menjadi parah jika tidak segera diatasi. Sebelum kita mengatasi Blue Screen ada baiknya kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebab terjadinya Blue Screen pada Laptop atau Komputer. Pengalaman pribadi , Laptop Asus yang saya punya dengan menggunakan Sistem Operasi Windows 7 tiba-tiba saja terjadi Crash yang kemudian diikuti dengan munculnya layar biru atau Blue Screen. Crash ini terjadi pada saat Windows bertemu Error Stop sehingga terjadi kegagalan proses sistem dan menyebabkan Windows berhenti untuk bekerja. Pada kondisi seperti ini biasanya laptop atau komputer akan merestart operasi windows tersebut. Blue screen ini terajadi karena pada saat itu laptop dalam keadaan over heating atau terlalu panas dan slot memory sudah dalam kondisi full. Karena hal itu saya sebagai penulis membuat artikel ini dengan tujuan mempermudah bagi siapa saja yang mencari informasi tentang bagaimana cara mengatasi Blue Screen dengan ampuh dan simpel. Secara umum Blue Screen terjadi karena adanya permasalahan pada sistem software/hardware di dalam komputer atau laptop. Kesalahan itu bisa saja karena registry rusak, file DLL yang dipakai tidak sesuai, driver yang sudah rusak ataupun karena memory yang bermasalah. Selain itu virus atau malware yang sudah mencapai bagian penting dari komputer juga dapat menimbulkan Blue Screen pada windows. Ketika terjadi Blue Screen pekerjaan yang sedang dilakukan akan menghilang tanpa di save otomatis oleh sistem. Blue Screen juga akan muncul dibarengi dengan adanya tampilan crash yang memberitahukan kerusakan apa saja yang terjadi pada hardisk, hal ini biasa disebut dengan sebutan mini dump memory. yang Perlu diingat menjaga kebersihan laptop juga menjadi bagian penting agar umur dari perangkat anda menjadi awet muda alias tidak mudah rusak.
         Baca juga :
Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop Atau PC Windows 7
Setidaknya ada 3 cara yang bisa anda coba terapkan untuk mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa cara mengatasi blue screen windows 7 ultimate dibawah ini:

1. Restart Komputer
Cara pertama atau pertolongan pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah blue screen adalah dengan melakukan restart/menyalakan ulang komputer atau laptop . Karena mungkin penyebab blue screen windows 7 atau Windows 8 karena akibat terlalu banyak menggunakan aplikasi, dan cara ini merupakan cara paling efektif untuk mengatasi komputer atau laptop yang terkena blue screen. Untuk melakukan restart secara manual caranya adalah hanya dengan pencet tombol power selama beberapa detik sampai laptop mati, kemudian pencet ulang untuk menyalakannya. Tunggu sampai komputer selesai melakukan proses booting, dan jika komputer anda tidak mengalami kerusakan maka akan secara otomatis kembali normal seperti semula. Tetapi apabila cara ini tidak berhasil maka anda bisa melakukan cara yang kedua di bawah ini.

2. Repair System Operasi Windows
Jika cara pada nomer 1 belum berhasil, anda bisa menggukan cara yang satu ini yaitu dengan melakukan repair system pada operasi windows . Karena mungkin blue screen windows 10 laptop disebabkan oleh file windows yang corrupt. Perlu diingat bahwa cara ini membutuhkan sebuah DVD yang digunakan untuk repair system pada windows.

3. System Restore
Cara mengatasi Blue Screen pada laptop yang selanjutnya adalah dengan cara system restore, berikut langkahnya:
  • Matikan Komputer anda terlebih dahulu. Karena tidak bisa mematikannya secara otomatis, maka anda bisa melakukannya dengan cara manual yaitu dengan menekan power button yang terdapat pada komputer atau laptop anda, tahan tombol tersebut sampai komputer anda benar-benar sudah mati total. Tombol power button pada laptop asus atau laptop yang lain biasanya terdapat di sebelah pojok kanan atas.
  • Lalu nyalakan kembali komputer anda. Pada saat proses booting pencet tombol F8 pada computer dan akan masuk ke dalam mode booting yang berisikan banyak menu pilihan.
  • Selanjutnya pilih Safe Mode. Masuk kedalam operasi system safe mode, pada menu ini silakan anda klik start windows, lalu control panel, system security, action center, recovery, opens system restore, next, dan finish.
  • Kemudian Komputer akan restart dengan sendirinya. Apabila cara yang satu ini berhasil maka tampilan pada komputer akan normal kembali dan tidak ada Blue Screen atau dumping memory.

4. Memeriksa Hardware Komputer
Jika cara system restore masih saja belum membuat laptop kembali ke mode normal walaupun anda sudah berusaha melakukan cara diatas berulang-ulang maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memeriksa seluruh hardware yang terpasang pada komputer. Pertama Anda dapat melakukan pengecekan pada bagian Hard disk komputer terlebih dulu. Hard disk komputer yang dalam kondisi yang sudah rusak, usang ataupun kurang baik sering menjadi penyebab terjadinya Blue Screen pada komputer atau laptop. Berikutnya anda bisa melakukan pemeriksaan pada bagian RAM (Random Access Memory) yang terdapat pada laptop atau komputer. Cara untuk melakukan pengecekan adalah dengan cara membuka Start Menu kemudian tulis atau ketik Windows Memory Diagnostics dan akan muncul kotak dialog yang berisikan 2 buah pilihan. Pilih yang bertuliskan “Restart now and check for problems (recommended).

5. Install Update Driver
Cara yang selanjutnya untuk menghilangkan Blue Screen pada Laptop adalah dengan menginstall Update Driver. Hal ini hampir mirip dengan Repair System Operasi Windows, yang membuat beda adalah Install Update Driver ini dilakukan karena adanya crash yang terjadi pada saat update, bisa jadi update yang tidak cocok dengan windows ataupun update yang belum terselesaikan. Cara melakukannya adalah dengan mendownload driver terbaru dari perangkat anda. Cara ini terbilang ampuh bagi sebagian orang karena berhubungan dengan System Operasi Windows 7

6. Scan Malware
Jika cara Install Update Driver masih belum juga berhasil menghilangkan Blue Screen pada Laptop, maka cara yang selanjutnya adalah dengan melakukan Scan Malware(Malicious Software) pada komputer atau laptop anda. Yang saya tahu malware sangat berbahaya karena bisa menjadi penyebab ketidak stabilan sistem-sistem operasi yang terdapat pada Windows, baik itu windows 7, windows 8, maupun windows 10 sekalipun. Kebanyakan komputer terinfeksi malware melalui email, download di internet, maupun program-program yang sudah terinfeksi malware. Malware dapat merusak bagian dalam maupun luar dari windows sehingga perlu dilakukan adanya scan malware sehingga tidak merusak komputer atau laptop lebih parah lagi. Cara melakukan scan adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus yang anda miliki seperti AVG, Smadav, ataupun antivirus yang lain yang memiliki fitur ‘Scan Malware’. Perlu diketahui bahwa anda seharusnya rutin melakukan scanning secara berkala agar komputer atau laptop yang anda miliki dapat terjaga dari banyaknya malware atau virus yang bertebaran telebih lagi jika laptop anda sering terhubung dengan koneksi internet

7. Instal Ulang Windows
Cara terakhir yang paling ampuh apabila cara-cara diatas masih belum mengembalikan komputer dalam kondisi normal adalah dengan melakukan install ulang pada windows. Cara yang demikian ini adalah cara untuk memulai ulang Windows yang ada pada laptop atau komputer sehingga blue screen ini bisa dihilangkan. Resiko yang terjadi apabila menginstall ulang windows adalah anda akan kehilangan data atau aplikasi-aplikasi yang sudah diinstal di driver C . Tetapi, bila cara ini belum juga membuat laptop kembali normal maka masalahnya sudah sangat jelas terletak pada hardware atau perangkat keras dari perangkat komputer atau laptop yang anda miliki.


Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kalian. Jadi itulah beberapa cara mengatasi Blue Screen pada laptop atau PC yang bisa anda coba terapkan, pada dasarnya masih banyak cara lainnya. Tapi kami hanya memberikan cara mengatasi Blue Screen yang benar-benar efektif, selamat untuk mencobanya. Terima kasih... BANG TEKNO

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »