Pengertian, Fungsi, Dan Karakteristik Jaringan PAN, LAN, WAN, MAN

Pengertian, Fungsi, Dan Karakteristik Jaringan PAN, LAN, WAN, MAN




1). PAN

PAN atau Personal Area Network merupakan suatu jaringan komunikasi yang dimana perangkat satu dengan perangkat lainnya saling berdekatan beda beberapa meter saja. Selain Itu PAN (Personal Area Network) juga sebagai titik akses perangkat pribadi misal komputer, telpon genggam, televisi, serta perangkat telekomunikasi publik contohnya internet. 
Yang dikontrol Authoritas pribadi dengan teknologi dipakai antara lain WPA (Wireless Application Protocol) dan koneksi Bluetooth.

Fungsi :

  • Menghubungkan antar perangkat
  • Sebagai media komunikasi perangkat sendiri

Contoh Penggunaan Jaringan PAN
  • Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan Mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan internet (an uplink)
  • Personal area jaringan kabel mungkin dengan komputer bus seperti USB dan FireWire. A wireless personal area network (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave, dan Zigbee.
Teknologi :
  • Bluetooth PAN
Bluetooth PAN juga disebut piconet, dan  terdiri dari 8 sampai perangkat aktif dalam hubungan tuan-badak (yang sangat besar jumlah perangkat yang dapat dihubungkan pada "parkir" mode).

Perangkat Bluetooth pertama di piconet adalah master, dan semua perangkat yang berkomunikasi dengan slave master. piconet biasanya memiliki jarak 10 meter, walaupun berkisar hingga 100 meter dapat dijangkau di bawah keadaan ideal.

Inovasi baru dalam Bluetooth antena ada diizinkan untuk perangkat ini sangat melebihi jangkauan untuk mereka yang pada awalnya dirancang. Pada DEF CON 12, sekelompok hacker yang dikenal sebagai "Flexilis" berhasil tersambung dua perangkat Bluetooth lebih dari setengah mil (800 m) itu.
Mereka menggunakan antena dengan lingkup dan antena Yagi, semua terpasang ke senapan saham. terpasang kabel antena ke Bluetooth kartu di komputer. Mereka kemudian dinamakan antena "The BlueSniper."

Skinplex, PAN teknologi lain, transmit melalui capacitive dekat bidang kulit manusia. Skinplex dapat mendeteksi dan berkomunikasi hingga satu meter dari tubuh manusia. Sudah digunakan untuk kontrol akses untuk mengunci pintu dan kemacetan perlindungan mobil di atap mobil.
  • Wireless PAN 
WPAN (wireless personal area network) adalah jaringan area pribadi untuk jaringan yang terpusat di sekitar perangkat interconnecting perorangan dari kerja di mana sambungan nirkabel.


Umumnya, personal area jaringan nirkabel menggunakan beberapa teknologi yang memungkinkan komunikasi dalam waktu sekitar 10 meter. Dengan kata lain, yang sangat  jarak dekat. Salah satu teknologi Bluetooth, yang digunakan sebagai dasar untuk sebuah standar baru, IEEE 802, 15.

WPAN dapat melayani semua interkoneksi ke komputer dan berkomunikasi biasa pada perangkat yang memiliki banyak orang di meja mereka atau membawa mereka dengan hari ini atau bisa melayani tujuan yang lebih khusus seperti mengizinkan ahli bedah dan anggota tim lainnya untuk berkomunikasi selama suatu operasi.


Kunci konsep dalam teknologi WPAN dikenal sebagai "plugging dalam". Dalam skenario yang ideal, jika dua WPAN dilengkapi perangkat menjadi dekat (dalam beberapa meter satu sama lain) atau dalam waktu beberapa kilometer dari server pusat, mereka dapat berkomunikasi seakan-akan terhubung dengan kabel.

Fitur penting lain adalah kemampuan masing-masing untuk mengunci perangkat dari perangkat lain yang selektif, perlu mencegah gangguan yang tidak sah atau akses infornasi.

Teknologi untuk WPAN adalah dalam masa pertumbuhan yang cepat dan proses pembangunan. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi operasi halus di antara rumah atau bisnis  perangkat dan sistem.

Setiap perangkat di dalam WPAN akan dapat menyambungkan ke perangkat lain yang sama dalam WPAN, asalkan mereka dalam berbagi fisik satu sama lain.

Selain itu, seluruh dunia akan WPAN interkoneksi. Jadi, misalnya, sebuah situs dalam archeologist di Yunani mungkin menggunakan PDA akses langsung ke database di University of Minnesota di Minneapolis, dan untuk mengirimkan temuan ke database.


2). LAN (Local Area Network) 

Pengertian 
Jaringan LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

Saat ini, kebanyakan jaringan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah jaringan LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal.
Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer.Pada jaringan LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Contoh jaringan LAN adalah jaringan komputer yang ada di laboratorium sekolahmu. Atau contoh lainnya adalah jaringan yang ada di warnet.


        Baca Juga Yang Lainnya :

Karakteristik Jaringan LAN

Berbeda Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
Mempunyai pesan data yang lebih tinggi 
Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

Kegunaan/Fungsi Jaringan LAN 

Adapun fungsi atau kegunaan jaringan LAN dapat kalian ketahui disini:
Dipergunakan untuk menghubungkan komputer-komputer untuk pemakaian bersama sumberdaya (resource, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan LAN

Kelebihan jaringan LAN:

  • Tidak banyak penggunaan kabel.
  • Dapat melakukan penggunaan sumber daya secara bersama-sama.
  • Sistem yang terhubung ke terminal lebih banyak.
  • Bisa menciptakan jaringan hubungan antar sistem dari berbagai merk.
  • Penggunaan LAN membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Kekurangan jaringan LAN:

  • Jika banyak PC yang terhubung maka jaringan LAN akan melambat.
  • Sistemnya menggunakan 1 jaringan maka masih ada kemungkinan jaringan bisa diretas.
  • LAN begitu lambat di seped medoemnya.
  • Software harus dirancang untuk multi user.
  • Karena semua PC terhubung dalam satu jaringan/topologi, maka ketika salah satu terkena virus, maka PC yang lainnya juga akan bervirus.
  • Jaringan LAN hanya dapat terhubung antar komputer dalam satu gedung misalnya kampus.



Prinsip Kerja LAN

Prinsip kerja LAN, LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah system komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik.

Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan. Kerja sama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama. LAN yang umumnya menggunakan hub/switch, akan mengikuti prinsip kerja hub itu sendiri.

Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena hub hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu. Itulah diantara kelebihan dan kekurangan jaringan LAN.

Cara Membuat Jaringan LAN

Jaringan LAN merupakan jaringan komputer local yang digunakan untuk area terbatas seperti rumah ataupun sekolah. Jaringan LAN sangat mudah dibuat karena banyak membutuhkan beberapa peralatan dan setting pada komputer. Kali ini saya akan memberikan artikel singat tentang "cara membuat LAN sendiri" pada windows 7.

Alat untuk Membangun Sebuah Jaringan LAN

  • Router adalah jantung pada sebuah jaringan. Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam kasus ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN.
  • Switch, berbeda dengan router, switch berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN.
  • EthernetCard adalah sebuah adapter untuk mencolokkan kabel ethernet sehingga komputer bisa tersambung menuju jaringan. Biasanya, pada komputer-komputer terbaru, kartu ini telah disematkan secara onboard sehingga Anda tidak perlu untuk membeli lagi.
  • EthernetCable yaitu kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke router atau bisa juga komputer satu dengan komputer lain. Ujung pada kabel ini diberi sebuah konektor yang disebut RJ-45. RJ-45 memiliki 2 settingan, yaitu straight dan cross. Straight digunakan untuk menghubungkan komputer ke router sedangkan cross digunakan untuk menyambungkan komputer langsung dengan komputer.
  • Modem, jika Anda ingin menghubungkan jaringan anda ke internet, maka Anda juga harus membeli sebuah modem. Jika Anda tidak membeli sebuah modem, maka komputer Anda hanya bisa berkomunikasi dengan komputer lain yang terdapat pada jaringan LAN tersebut.
Peralatan lain, Crimping tool, LAN tester, gunting, multimeter. Crimping tool digunakan untuk menyambungkan RJ-45 dengan kabel ethernet. LAN tester digunakan untuk testing kabel LAN telah berfungsi atau tidak. Sebagai alternatif untuk mempercepat ataupun mempermudah pekerjaan Anda. Anda bisa meminta tolong kepada penjual kabel ethernet misalnya untuk sekaligus memasangkan RJ-45 sehingga Anda tinggal memasangkan kabel-kabel tersebut menuju router dan komputer. Sebelum menyiapkan peralatan di atas, sangat disarankan Anda melakukan perencanaan terlebih dahulu, yaitu meliputi jumlah komputer, luas area, dengan begitu Anda bisa membuat rancangan kabel yang efektif sehingga bisa menghemat biaya yang dibutuhkan. Anda bisa menggunakan software seperti paint untuk membuat rancangan penataan jaringan LAN Anda. Setelah itu, barulah Anda beli perlengkapan yang diperlukan dan pasangkan peralatan-peralatan di atas.

Berikut ini adalah model yang akan kita pakai untuk membangun jaringan LAN (bisa juga untuk Warnet)


  1. Ada Internet
  2. Kabel atau DSL jack
  3. Adalah modem sekaligus Router yang menghubungkan komputer server menuju internet.
  4. Komputer server
  5. Switch

Setelah hardware terpasang, sekarang adalah tahap untuk setting software. Setting ini meliputi instalasi OS, setting network connection, konfigurasi TCP/IP Address, terakhir adalah uji coba jaringan yang telah Anda pasang.

Mengaktifkan Internet Connection Sharing, ICS bertujuan untuk membagikan koneksi internet komputer host menuju komputer lainnya. Untuk mengaktifkan ICS pada komputer server, silahkan buka Control Panel, klik Change Adapter and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center, klik kanan pada koneksi yang ingin Anda bagikan, klik Properties, klik tab Sharing, lalu centang kotak Allow other network users to connect through this computer's Internet connection, simpan. Oke, sampai tahap ini, hanya komputer server yang biasa terhubung ke internet setelah koneksi dibagikan, maka masing-masing komputer harus mendapatkan IP Address. Caranya : 

1. Buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center.
2. Klik kanan pada koneksi LAN, klik properties.
3. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) atau Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6), kemudian pilih properties.

4. Klik Obtain IP address automatically atau Obtain an IPv6 address Automatically.

3). Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya.



Perangkat (Hardware) Utama Jaringan WAN
WAN menghubungkan beberapa LAN melalui jalur komunikasi dari service provider. Karena jalur komunikasi tidak bisa langsung dimasukkan ke LAN maka diperlukan beberapa perangkat interface.
Perangkat–perangkat tersebut antara lain:

1. Router
LAN mengirimkan data ke Router, kemudian Router akan menganalisa berdasarkan informasi alamat pada layer 3. Kemudian Router akan meneruskan data tersebut ke interface WAN yang sesuai berdasarkan routing table yang dimilikinya.  Router adalah perangkat jaringan yang aktif dan intelegent dan dapat berpartisipasi dalam manajemen jaringan. Router mengatur jaringan dengan menyediakan kontrol dinamis melalui sumber daya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut antara lain konektivitas, perfomansi yang reliabel, kontrol manajemen dan fleksibilitas.

2. CSU/DSU
Jalur komunikasi membutuhkan sinyal dengan format yang sesuai.  Untuk jalur digital, sebuah Channel Service Unit (CSU) dan Data Service Unit (DSU) dibutuhkan. Keduanya sering digabung menjadi sebuah perangkat  yang disebut CSU/DSU.

3. Modem
Modem adalah sebuah perangkat dibutuhkan untuk mempersiapkan data untuk transmisi melalui local loop. Modem lebih dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingkan digital.  Modem mengirim data melalui jalur telepon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal.  Sinyal digital ditumpangkan ke sinyal suara analog yang dimodulasi untuk ditransmisikan.  Pada sisi penerima sinyal analog dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi.

4. Communication Server
Communication Server mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-in dan remote akses ke LAN.  Communication Server memiliki beberapa interface analog dan digital serta mampu melayani beberapa user sekaligus

Fungsi jaringan WAN
1. Mengintegrasikan dan menggabungkan jaringan LAN dan MAN menjadi satu
2. Mempermudah dan mempercepat arus informasi dan komunikasi
3. Meningkatkan efisiesnsi perpindahan arus informasi
4. Menghemat biaya operasional
5. Mencegah terjadinya miskomunikasi
6. Mendukung operasionalitas dari sebuah perusahaan multinasional dan internasional

Kekurangan dan Kelebihan jaringan WAN
Kelebihan jaringan WAN

  • Berbagi informasi/file melalui area yang lebih besar.
  • Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.
  • Mempunyai sistem jaringan yang besar/luas sehingga mampu menjangkau Negara, benua, bahkan seluruh dunia.
  • Jika terkoneksi dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang jaraknya jauh bisa di lakukan secara cepat.
  • Dapat berbagi resources dengan koneksi workstations.

Kekurangan WAN

  • Biaya operasional mahal  karena maintenanya sangat luas.
  • Dalam hal settingan/pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat-alat yang diperlukan juga sangat mahal.
  • Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini.
  • Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.

Penggunaan WAN
Untuk lebih memahami lagi megnenai implementasi dari WAN, maka berikut ini adalah beberapa contoh dan juga aplikasi dari jaringan WAN dalam kehidupan sehari-hari :

1. Internet
Internet merupakan salah satu contoh nyata dan juga konkret dari sebuah jaringan WAN. Dengan adanya internet, maka setiap komputer akan saling terhubung satu sama lain di dalam sebuah jaringan yang sifatnya luas dan juga international. Dengan begitu setiap komputer, terutama komputer pribadi pun bisa saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan jaringan internet, yang merupakan salah satu implementasi dari jaringan WAN ini.

2. Jaringan WAN yang diimplementasikan pada perusahaan nasional atau internasional

Sebagai sebuah perusahaan nasional atau international, maka wajar bahwa perusahaan tersebut memiliki banyak kantor cabang dan juga kantor perwakilan di beberapa Negara berbeda. Untuk dapat saling mengkoneksikan komputer di kantor pusat dan juga kantor cabang dan juga kantor perwakilan di beberapa Negara tersebut, maka digunakanlah pronsip dari WAN untuk dapat mengkoneksikan komputer tersebut.

Contohnya misalnya:
Jaringan wan yang menghubungkan komputer antar gerai alfamart.

Jaringan yang menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang, misalnya untuk bank. Bank biasanya memiliki kantor pusat dan juga kantor cabang yang tersebar di beberapa kota, untuk saling komunikasi data lewat jaringan, perusahaan tersebut harus mengimplementasikan jaringan wan.


        Baca Juga Yang Lainnya :

4). Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang lebih luas daripada Local Area Network (LAN).  Area yang digunakan dalam jaringan MAN adalah dalam sebuah negara. Dalam hal ini, jaringan komputer menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan Local Area Network (LAN) ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Beberapa Local Area Netwrok (LAN) menjadi satu jaringan dapat juga disebut Metropolitan Area Network (MAN).




Implementasi Metropolitan Area Network (MAN)
Beberapa teknologi yang digunakan untuk tujuan ini adalah Asynchronous Transfer Mode (ATM), FDDI, dan SMDS. Teknologi ini dalam proses digantikan oleh koneksi berbasis Ethernet (misalnya, Metro Ethernet) di kebanyakan daerah. MAN hubungan antara jaringan area lokal telah dibangun tanpa kabel baik menggunakan microwave, radio, atau infra-merah link laser. Sebagian besar perusahaan sewa atau menyewa sirkuit dari operator umum karena fakta bahwa peletakan kabel panjang yang membentang mahal.

DQDB, Distributed-queue dual bus, adalah wilayah metropolitan jaringan standar untuk komunikasi data. Hal ini ditentukan dalam standar IEEE 802,6. Menggunakan DQDB, jaringan bisa sampai 20 mil (30 km) dan beroperasi pada kecepatan 34-155 Mbit / s.
Beberapa jaringan terkenal dimulai sebagai MAN, seperti Internet peering points MAE-West, MAE-East, dan media jaringan Sohonet.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan MAN
Kelebihan Jaringan MAN

  • Pertukaran data dan informasi bisa lebih cepat dan akurat.
  • Pengembangan dalam bidang ilmu pengetahun untuk sebuah perguruan tinggi atau sekolah-sekolah.
  • Komunikasi antarperguruan tinggi atau sekolah atau karyawan pada sebuah kantor bisa dengan e-mail atau chatting.
  • Proses backup data dari berbagai tempat lebih mudah dan cepat.
  • Dapat membuat sarana diskusi untuk perguruan tinggi atau sekolah-sekolah.
  • Dapat dijadikan sebagai alat untuk mempersatukannya kekompakan karyawan atau mahasiswa dan siswa.
  • Dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang tepat dan cepat.
  • Dapat menggunakan program aplikasi atau permainan secara bersama-sama.
  • Cakupan wilayah jaringan lebih luas dibanding jaringan LAN

Kekurangan Jaringan MAN

  • Biaya operasional yang relatif sangat besar
  • Biaya perawatanya pun terbilang sangat mahal
  • Sering menjadi sasaran Cracker untuk mendapatkan keuntungan pribadi
  • Untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama

      Baca Juga Yang Lainnya :

Fungsi dan Tujuan MAN

  1. Membangun & Implementasi sistem jaringan yang mengkolaborasikan antar server guna memenuhi kebutuhan internal perusahaan dan pemerintah dalam mengkomunikasikan jaringan yang dipergunakan sehingga dapat melakukan kegiatan seperti chat, messenger, video dan lain – lain dengan bandwidth lokal.
  2. Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukanadanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer
  3. Jaringan Komputer MAN ini diantaranya adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalamhal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik
  4. Mampu menunjang data teks dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau gelombang radio
  5. Untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya


Ciri Karakteristik MAN
Meliputi area seluas antara 5 dan 50 kisaran km. Banyak MAN mencakup area perkotaan.
Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasi linknya dan peralatan, umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna.
MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.
MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.
Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel . Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.

Contoh  Metropolitan Area Network (MAN)

Sistem Jaringan Metropolitan Area Network (MAN) Pusat Survei Geologi







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »